9 Tata Laku Wing Chun

prasasti wing chunDalam hidup ini kita memiliki aturan dan batasan dalam berperilaku demikian juga dalam dunia beladiri, khususnya dalam aliran beladiri Wing Chun Tradisional Ip Man.

Aturan berperilaku dalam Wing Chun Tradisional Ip Man diturunkan langsung oleh GGM. Leung Jan dan dilanjutkan oleh generasi dibawahnya yaitu Chan Wa Shun kemudian diserahkan kepada GGM. Ip Man, aturan ini bertujuan untuk mengingatkan pada praktisi Wing Chun bahwa kungfu Wing Chun bukan hanya untuk berkelahi tetapi merupakan seni beladiri yang bertanggung jawab terhadap orang banyak dan bukan gerakan kasar untuk menindas yang lemah.

9 aturan berperilaku dalam Wing Chun ini hanya merupakan sebagian kecil dari nilai-nilai positif yang harus dimengerti dan bisa diterapkan oleh siapa saja, khususnya pribadi yang merasa sebagai pendekar pada masa modern ini, terlebih lagi bagi praktisi Wing Chun sejati:

  1. Menjaga disiplin, memegang moral beladiri
  2. Mempraktikkan kebaikan dan kebenaran, berjiwa patriotik dan menghormati keluarga
  3. Menyayangi sesama saudara seperguruan, bersatu dan menghindari perselisihan
  4. Membatasi nafsu birahi, menjaga semangat
  5. Berlatih dengan tekun, meningkatkan keahlian
  6. Belajar untuk membangun jiwa yang damai, menghindari argumentasi dan perkelahian
  7. Terjun dan membantu masyarakat secara langsung secara positif
  8. Menolong dan membela yang lemah dengan ilmu kita
  9. Meneruskan tradisi, mengabadikan kesenian Tiongkok dan menaati leluhur

Demikian 9 aturan berperilaku di dalam Wing Chun Tradisional Ip Man yang diterapkan oleh keluarga Ip Man secara turun-temurun, semoga bisa berguna dan diterapkan dalam kehidupan pribadi kita masing-masing.